Apa yang Dilakukan Analis Bisnis?

Anda bertanya-tanya apa sebenarnya yang dilakukan seorang analis bisnis ? Dan saya ingin menjawabnya dengan mengatakan bahwa itu tergantung pada pekerjaan, perusahaan, dan industri tertentu, meskipun ada beberapa tren dan aktivitas umum yang dilakukan oleh seorang analis bisnis. Misalnya, kemungkinan Anda tidak akan menemukan pengkodean analis bisnis di tempat kerja.

Mari kita benar-benar menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin Anda miliki saat itu.

analis bisnis

Apa itu Analis Bisnis?

Organisasi Analisis Bisnis pengawas, IIBA (International Institute of Business Analysis), mendefinisikan analis bisnis

Orang yang melakukan aktivitas analisis bisnis, apa pun jabatan atau peran organisasinya. Praktisi analisis bisnis tidak hanya mencakup orang-orang dengan jabatan analis bisnis, tetapi juga dapat mencakup analis sistem bisnis, analis sistem, insinyur persyaratan, analis proses, manajer produk, pemilik produk, analis perusahaan, arsitek bisnis, konsultan manajemen, atau lainnya. orang yang melakukan tugas yang dijelaskan dalam Panduan BABOK┬«, termasuk mereka yang juga melakukan disiplin terkait seperti manajemen proyek, pengembangan perangkat lunak, jaminan kualitas, dan desain interaksi (Panduan BABOK).

Jadi itulah definisi resmi seorang analis bisnis.

See also  Evaluasi Solusi Aplikasi Bisnis Untuk Pemula

Anda mungkin bertanya-tanya, tetapi apa yang sebenarnya dilakukan seorang analis bisnis dan BABOK apa yang terdengar seperti monster dari cerita anak-anak ini?

Apa itu Analisis Bisnis?

Nah, sekali lagi, definisi resmi untuk Analisis Bisnis adalah

Untuk mengatakannya dalam istilah awam, analis bisnis menggunakan proses analisis bisnis untuk memahami persyaratan, mendefinisikan kebutuhan, dan pada akhirnya memberikan solusi untuk kebutuhan tersebut yang memenuhi kebutuhan semua pemangku kepentingan yang berbeda (orang yang memiliki andil dalam proyek).

Dia menggunakan BABOK sebagai panduan (walaupun tidak selalu dibutuhkan) untuk membantunya memastikan bahwa persyaratan bisnis disesuaikan dengan solusi bisnis yang sesuai.

Proses Analisis Bisnis umum, secara garis besar, adalah sebagai berikut:

  1. Butuh penilaian
  2. Perencanaan analisis bisnis
  3. Persyaratan elisitasi dan analisis
  4. Ketertelusuran dan pemantauan
  5. Evaluasi solusi
See also  5 Cara Agar Anda Tidak Terlihat Clueless di Media Sosial

Kami akan secara singkat membahas setiap langkah ini sehingga Anda mendapatkan ide tentang mengapa dan bagaimana hal itu dilakukan.

Butuh penilaian

Tindakan penilaian kebutuhan terdiri dari pekerjaan analisis bisnis yang dilakukan untuk menganalisis masalah atau peluang bisnis saat ini. Ini digunakan untuk menilai lingkungan internal dan eksternal saat ini dan kemampuan organisasi saat ini untuk menentukan opsi solusi yang layak, ketika dikejar, akan membantu organisasi memenuhi keadaan masa depan yang diinginkan.

Mengapa itu dibutuhkan?

Penilaian kebutuhan dilakukan untuk memeriksa lingkungan bisnis dan mengatasi masalah atau peluang bisnis saat ini.

Apa yang terjadi jika dilewati?

Ketika penilaian kebutuhan dilewati, seringkali tidak cukup analisis untuk memahami kebutuhan bisnis secara memadai.

See also  Bagaimana Perencanaan analisis bisnis Yang Betul

bagaimana Anda melakukannya

Kamu butuh

  • Mengidentifikasi pemangku kepentingan proyek
  • Menyelidiki masalah atau peluang
  • Kumpulkan data yang relevan untuk mengevaluasi situasi
  • Draf pernyataan situasi
  • Dapatkan persetujuan pemangku kepentingan untuk pernyataan situasi

Pada dasarnya Anda mencari tahu siapa yang memiliki andil dalam proyek tersebut, Anda kemudian mengumpulkan masalah, peluang, dan data yang relevan dengan situasi tersebut, kemudian menyusun formulir pernyataan situasi.

  • Masalah (atau peluang) A
  • Memiliki efek “B”
  • Dengan dampak “C”

Dan akhirnya Anda mendapatkan persetujuan pemangku kepentingan, yang pada dasarnya berarti kebutuhan diidentifikasi dengan benar.